Kamis, 27 Oktober 2016

STRUKTUR MODAL

STRUKTUR MODAL
TARGET STRUKTUR MODAL
Target struktur modal adalah bauran hutang, saham preferen, dan saham biasa yang akan direncanakan oleh perusahaan untuk menambah modal. Target struktur modal dari waktu ke waktu dapat berubah- ubah sesuai dengan situasi yang dihadapi oleh perusahan. Walaupun demikian manajemen perusahaan harus mempunyai gambaran target struktur modal tertentu pada tahun tertentu.
Dalam menentukan kebijakan struktur modal akan melibatkan pilihan trade-off antara risiko dan tingkat pengembalian. Pertimbangan yang harus diperhatikan adalah :
1.      Jika menggunakan hutang lebih banyak akan memperbesar risiko yang ditanggung oleh pemegang saham, pada akhirnya memperbesar risiko kebangkrutan.
2.      Penggunaan hutang yang lebih banyak juga akan memperbesar tingkat pengembalian yang diharapkan.
Tingginya risiko yang dihadapi oleh perusahaan akan berdampak pada penurunan harga saham, akan tetapi dengan meningkatnya tingkat pengembalian yang diharapkan akan meningkatkan harga saham tersebut. Adapun empat faktor yang mempengaruhi keputusan struktur modal, yaitu :
1.      Risiko bisnis
Risiko bisnis merupakan risiko yang berkaitan dengan ketidakpastian yang melekat proyeksi tingkat pengembalian aktiva suatu perusahaan dimasa mendatang.
2.      Posisi pajak perusahaan
Alasan utama perusahaan menggunakan hutang karena biaya bunga dapat dikurangkan dalam perhitungan pajak, sehingga menurunkan biaya hutang yang sesungguhnya. Akan tetapi, jika sebagian besar keuntungan perusahaan telah terhindar dari pajak yang telah dikompensasikan dimuka, maka tambahan hutang tidak banyak manfaat.
3.      Fleksibilitas keuangan
Fleksibilitas keuangan atau kemampuan perusahaan untuk menambah modal dengan persyaratan yang wajar apabila perusahaan dalam kondisi memburuk.
4.      Konservatif atau agresif
Manajemen yang konservatif akan lebih takut menggunakan hutang, sebaliknya manajemen yang agresif akan cenderung menggunakan hutang untuk meningkatkan laba.
Struktur keuangan dan struktur modal
            Dalam keseharian kita sering rancu mengartikan antara struktur keuangan (financial structure) dan struktur modal (capital structure). Dalam struktur keuangan ini merupakan kombinasi seluruh pembiayaan antara, hutang jangka pendek, hutang jangka panjang, saham preferen dan saham biasa atau kombinasi antara sumber pembiayaan jangka pendek dan jangka panjang. Sedangkan struktur modal merupakan kombinasi atau bauran sumber pembiayaan jangka panjang.
Peran penting struktur modal
            Untuk memahami tentang arti penting dari suatu struktur modal ada tiga sisi yang harus dipertimbangkan yaitu :
1.      Hutang (leverage).
2.      Biaya modal (cost of capital)
3.      Struktur modal optimal
Ketiga konsep inilah yang menjadi konsep dasar berpikir beberapa teori struktur modal. Ada dua pandangan tentang struktur modal, hipotesis pertma menyatakan bahwa nilai perusahaan tergantung pada struktur modal, sedangkan hipotesis kedua bahwa nilai perusahaan tidak tergantung pada struktur modal.

TEORI STRUKTUR MODAL
            Ada empat teori struktur modal yaitu : pendekatan laba bersih atau net income (NI), pendekatan laba operasi bersih atau net operating income (NOI), pandangan tradisional, dan pendekatan klasik oleh Franco Modigliani dan Merton Miller yang menandai permulaan teori struktur modal modern. Adapun beberapa symbol yang sering digunakan adalah
E          =  adalah nilai pasar saham (harga per saham dikalikan jumlah yang beredar)
D         = nilai pasar hutang
V         = nilai total perusahaan ( E + D)
Vu       = nilai perusahaan tanpa hutang
VL       = nilai perusahaan dengan hutang
EBIT   = sebelum bunga dan pajak atau laba operasi bersih (NOI)
EAT    = laba setelah pajak yang siap dibagi ke pemegang saham biasa
Kd       = biaya hutang
Ke       = biaya modal sendiri
KeL     = biaya modal sendiri dengan berhutang
KeU    = biaya modal sendiri tanpa hutang
Ka       = biaya modal rata- rata tertimbang
T          = tariff pajak perusahaan

1. Teori struktur modal pendekatan NI
            Pendekatan NI mengasumsikan bahwa : (1) investor mengkapitalisasi atau menilai raba perusahaan dengan tingkat kapitalisasi (Ke) yang konstan, (2) perusahaan dapat meningkatkan jumlah hutangnya dengan tingkat biaya hutang (Kd) yang konstan juga. Karena Ked an Kd konstan, maka semakin besar jumlah hutang perusahaan, maka biaya modal rata- rata (Ka) akan semakin kecil, karena biaya hutang lebih rendah dibandingkan modal sendiri. Dampak selanjutnya karena Ka semakin kecil sebagai akibat penggunaan hutang yang semakin besar, maka nilai perusahaan akan meningkat.


1 komentar:

  1. If you're looking to lose fat then you need to jump on this totally brand new custom keto meal plan diet.

    To create this service, licenced nutritionists, fitness trainers, and professional cooks have joined together to develop keto meal plans that are productive, painless, cost-efficient, and fun.

    Since their launch in 2019, 1000's of clients have already completely transformed their body and well-being with the benefits a certified keto meal plan diet can give.

    Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones given by the keto meal plan diet.

    BalasHapus