Senin, 24 Oktober 2016

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1

TEMA: Budi Pekerti


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menunjukkan sikap hidup rukun dalam  kemajemukan  keluarga.


·     sikap hidup rukun

·     Siswa dapat menjelaskan kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, agama, suku bangsa, kebiasaan )
·     Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga


·     Memberi contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll )
·     Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga .


Lisan
Tertulis

3 minggu

Buku Tematik
Pengembangan
Guru
2. IPA  : 
Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat

·     Membedakan lingkungan  sehat dan tidak sehat.


·     lingkungan  sehat dan tidak sehat.


·     Siswa dapat mengemukakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
·     Siswa dapat menjelaskan hal hal yang menyebabkan lingkungan menjadi  kotor
·     Siswa dapat membiasakan membuang sampah pada tempatnya


·     Mengemukakan ciri-ciri lingkungan yang sehat dan ciri ciri lingkungan yang tidak sehat.
·     Menjelaskan bahwa air kotor tumpukkan sampah, asap kendaraan merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan
·     Membiasakan membuang sampah pada tempatnya.

Lisan




3. PKN           :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

·     Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.

·     hidup rukun

·     Siswa dapat menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dan tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah maupun di sekolah.


·     Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
·     Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di sekolah.


Portofolio


4. Matematika  :  Menggunakan pengukuran waktu dan panjang

·     Menentukan lama suatu  kejadian berlangsung.
·     Mengenal panjang suatu  benda melalui kalimat sehari-hari. ( pendek panjang ) dan  membandingkannya.


·     pengukuran waktu dan panjang

·     Siswa dapat menyebutkan, membandingkan,  panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari.
·     Siswa dapat mengenal jarak dekat dan jauh.


·     Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar.
·     Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan lama.
·     Menyebutkan panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek , panjang )
·     Memberi contoh benda yang panjang dan benda yang pendek.
·     Membandingkan panjang suatu benda ( lebih panjang, lebih  pendek
·     Mengenal jarak dekat dan jauh.


Lisan
Tertulis


5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan :
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara         :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca         : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis            : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.


·     Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
·     Menyebutkan tokoh-tokoh  dalam cerita.
·     Membaca nyaring suku kata dan kata  dengan lafal  yang  tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku  atau papan tulis  dengan benar.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar


·     Teks yang terdiri atas berbagai kalimat perintah ( untuk dibaca oleh guru saja)
·     Mendengarkan dongeng dan menceritakan kembali.
·     Suku kata, kata dan kalimat sederhana.

·     Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau permintaan.
·     Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
·     Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang disi dongeng dan memeragakan tokoh dongeng.
·     Siswa dapat membaca nyaring.
·     Siswa dapat menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk huruf, gambar.
·     Siswa dapat menuliskan kata dan kalimat yang didiktekan guru.
·     Siswa dapat menyalin kalimat dari papan tulis / buku pke dalam buku tulis sendiri.


·     Melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
·     Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
·     Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·     Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
·     Membaca nyaring ( didengar siswa )
·     Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·     Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
·     Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·     Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·     Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar


Lisan
Tertulis
Perbuatan


6. Seni Budaya dan Keterampilan  :
Mengapresiasi karya seni tari.



·     Menunjukkan sikap  apresiatif terhadap gerak  tari menurut tingkat tinggi



·     Unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan , tumbuhan,dan bunyi iringan



·     Siswa dapat mengelompokkan gerakan tari sesuai dengan level.
·     Siswa dapat mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
·     Siswa dapat mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi bersumber dari tubuh ( internal.



·     Mengelompokkan gerak tari sesuai level.
·     Mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
·     Mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh. (internal ).



Lisan
Tertulis
Perbuatan


§  
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
§   

§  


Mengetahui
Kepala SD Negeri ……



 ……………………………
NIP :

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas  I



 ………………………………
NIP :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar