SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH
DASAR KELAS 1 SEMESTER 1
TEMA:
Budi Pekerti
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
1. IPS :
Memahami identitas diri
dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
|
·
Menunjukkan sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga.
|
·
sikap
hidup rukun
|
· Siswa dapat menjelaskan kemajemukan
keluarga ( jenis kelamin, agama, suku bangsa, kebiasaan )
· Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup
rukun dalam keluarga
|
· Memberi contoh kemajemukan keluarga (
jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll )
· Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam
keluarga .
|
Lisan
Tertulis
|
3 minggu
|
Buku Tematik
Pengembangan
Guru
|
2. IPA :
Mengenal cara
mememlihara lingkungan agar tetap sehat
|
·
Membedakan
lingkungan sehat dan tidak sehat.
|
·
lingkungan sehat dan tidak sehat.
|
· Siswa dapat mengemukakan ciri-ciri
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
· Siswa dapat menjelaskan hal hal yang
menyebabkan lingkungan menjadi kotor
· Siswa dapat membiasakan membuang sampah
pada tempatnya
|
· Mengemukakan ciri-ciri lingkungan yang
sehat dan ciri ciri lingkungan yang tidak sehat.
· Menjelaskan bahwa air kotor tumpukkan
sampah, asap kendaraan merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi
kesehatan
· Membiasakan membuang sampah pada
tempatnya.
|
Lisan
|
|
|
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
|
·
Menerapkan hidup rukun di rumah dan di
sekolah.
|
·
hidup rukun
|
· Siswa dapat menunjukkan sikap saling menghargai
perbedaan dan tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah maupun di sekolah.
|
· Menunjukkan sikap saling menghargai
perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
· Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan
perlakuan di rumah dan di sekolah.
|
Portofolio
|
|
|
4. Matematika : Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
|
·
Menentukan
lama suatu kejadian berlangsung.
· Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari. ( pendek
panjang ) dan membandingkannya.
|
·
pengukuran
waktu dan panjang
|
·
Siswa
dapat menyebutkan, membandingkan,
panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari.
·
Siswa
dapat mengenal jarak dekat dan jauh.
|
· Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang
dilakukan sebentar.
· Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang
dilakukan lama.
· Menyebutkan panjang suatu benda melalui
kalimat sehari-hari ( pendek , panjang )
· Memberi contoh benda yang panjang dan
benda yang pendek.
· Membandingkan panjang suatu benda (
lebih panjang, lebih pendek
· Mengenal jarak dekat dan jauh.
|
Lisan
Tertulis
|
|
|
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan :
·
Memahami
bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara :
·
Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca :
·
Memahami
teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis :
·
Menulis
permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
·
Melaksanakn
sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
·
Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam cerita.
·
Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan
lafal yang tepat.
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan
bentuk huruf.
· Menebalkan berbagai bentuk gambar,
lingkaran dan bentuk huruf.
· Mencontoh huruf , kata, atau kalimat
sederhana dari buku atau papan
tulis dengan benar.
·
Melengkapi
kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
|
· Teks yang terdiri atas berbagai kalimat
perintah ( untuk dibaca oleh guru saja)
· Mendengarkan dongeng dan menceritakan
kembali.
· Suku kata, kata dan kalimat sederhana.
|
· Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai
dengan perintah atau permintaan.
·
Siswa
dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
·
Siswa
dapat menjawab pertanyaan tentang disi dongeng dan memeragakan tokoh dongeng.
·
Siswa
dapat membaca nyaring.
·
Siswa
dapat menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk huruf, gambar.
·
Siswa
dapat menuliskan kata dan kalimat yang didiktekan guru.
·
Siswa
dapat menyalin kalimat dari papan tulis / buku pke dalam buku tulis sendiri.
|
· Melakukan sesuatu sesuai perintah atau
permintaan guru.
· Menceritakan kembali isi dongeng dengan
kalimatnya sendiri
· Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi
dongeng.
· Memperagakan tokoh dongeng di depan
kelas.
· Membaca nyaring ( didengar siswa )
· Membaca nyaring kalimat sederhana dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
· Mengenali huruf – huruf dan membacanya
sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
· Menjiplak berbagai bentuk huruf dan
gambar.
· Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan
bentuk huruf.
· Menyalin / mencontoh huruf kata ,
kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf
lepas.
· Menyalin / mencontoh kalimat dari buku
atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan
menggunakan huruf tegak bersambung.
· Melengkapi kalimat yang belum selesai
sesuai dengan gambar
|
Lisan
Tertulis
Perbuatan
|
|
|
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
Mengapresiasi karya
seni tari.
|
·
Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkat tinggi
|
·
Unsur
gerak tari bersumber dari gerak hewan , tumbuhan,dan bunyi iringan
|
· Siswa dapat mengelompokkan gerakan tari
sesuai dengan level.
· Siswa dapat mengidentifikasi gerak
keseimbangan pola lantai.
· Siswa dapat mengidentifikasi bentuk
iringan tari dengan menggunakan bunyi bersumber dari tubuh ( internal.
|
· Mengelompokkan gerak tari sesuai level.
· Mengidentifikasi gerak keseimbangan pola
lantai.
· Mengidentifikasi bentuk iringan tari
dengan menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh. (internal ).
|
Lisan
Tertulis
Perbuatan
|
|
§
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun (
diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Kerja sama
( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery
)
|
§
|
|
§
|
Mengetahui
Kepala SD Negeri ……
……………………………
NIP :
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas I
………………………………
NIP :
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar