Senin, 24 Oktober 2016

Diskusi Bank dan Lembaga Lainnya

1)      Apa komponen pendukung faktor biaya dan pendapatan bagi bank ?
2)      Bunga kredit yang diberikan relative rendah jika dibandingkan dengan produk yang kurang kompetitif ?
3)      Apakah ada kekurangan dari travelers cheque ?
4)      Upaya apa yang dilakukan oleh nasabah untuk menghindari kliring ?
5)      Apakah perubahan suku bunga mampu mempengaruhi bank Indonesia dan internasional ?
6)      Jelaskan fungsi dari bank Indonesia atau bank sentral baik dari fungsi dan lembaga keuangan ?

Jawaban :
1)      Komponen Pendukung faktor biaya bagi bank :
·         Total biaya dana (cost of fund)
·         Biaya operasi
·         Cadangan resiko kredit macet
·         Laba yang diinginkan
·         Pajak
Komponen pendukung faktor pendapatan bagi bank :
·         Biaya kirim dari nasabah
·         Biaya provisi dan komisi
·         Pelayanan kepada nasabah
2)      Bunga kredit yang diberikan kepada produk kompetitif relative rendah jika dibandingkan dengan produk yang kurang kompetitif karena produk kompetitif laku dipasaran dan memiliki prospek bagus untuk kedepannya karena hal itu bank yang meminjamkan uang kepada produk kompetitif ini berani memberikan bunga kredit yang lebih rendah dibandingkan dengan produk yang kurang kompetitif.
3)      Travellers Cheque adalah cek wisata atau cek perjalanan yang biasanya digunakan oleh mereka yang hendak bepergian atau sering dibawa oleh turis.  
Trevellers cheque memiliki 1 kelemahan yaitu nilai tukar travel cheque jauh dibawah dibandingkan nilai tukar dengan mata uang asing (misalnya dollar/euro) karena adanya fee processing. Fee processing adalah biaya pemroresan yang tidak dapat dikembalikan ketika pembayaran pertama dilakukan melalui kartu kredit, kartu debit atau kartu charge.
4)      Kliring merupakan jasa penyelesaian utang piutang antarbank dengan cara saling menyerahkan warkat-warkat yang akan dikliringkan di lembaga kliring. Jadi nasabah tidak perlu melakukan upaya untuk menghindari kliring karena kliring dilakukan oleh antar bank dalam menyelesaikan utang piutang bukan antara nasabah dengan bank.
5)      Menurut saya perubahan suku bunga mampu mempengaruhi bank Indonesia dan internasional karena suku bunga sangat berperan dalam lembaga keuangan jika suku bunga rendah maka masyarakat akan berbondong-bondong untuk meminjam dan sebaliknya jika suku bunga tinggi masyarakat luas akan berlomba-lomba menyimpan uangnya (menabung). Jadi suku bunga sangat mempengaruhi minat dari masyarakat luas, jika suku bunga mempengaruhi minat masyarakat maka penerima dan pengeluaran dana kas bank sangat ditentukan oleh perubahan suku bunga karena hal itu ini akan berdampak kepada bank Indonesia dan internasional yang merupakan lembaga keuangan.
6)      fungsi dari bank Indonesia atau bank sentral baik dari fungsi dan lembaga keuangan
bank Indonesia memilki 3 fungsi :
-          menghimpun dana dari masyarakat
-          menanamkan dana yang dikelola kedalam berbagai aset produktif, misalnya dalam bentuk kredit, dan
-          memberikan jasa layanan lalu lintas pembayaran dan jasa layanan perbankan lainnya

dengan 3 fungsi ini bank berperan sebagai lembaga intermediasi yang mempertemukan dua pihak yang berbeda kepentingan yakni pihak yang menyalurkan dana dan pihak yang membutuhkan dana, baik dalam penghimpunan dana dan penanaman dana, maupun dalam pelayanan transaksi keuangan dan lalu lintas pembayaran.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar